Senin, 29 Desember 2014

Laporan observasi media dakwah

LAPORAN OBSERVASI RADIO FAJRI (99.3 FM)
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah “Manajemen Media Dakwah

Dosen Pembimbing :
Drs. H. Sudirman Tebba
Description: Description: Description: http://ts2.mm.bing.net/th?id=H.4539807027954841&pid=15.1&H=160&W=160

Disusun Oleh :
Siti Khoeriyah                         1112053100033



JURUSAN MANAJEMEN HAJI DAN UMROH
FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2014



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas observasi ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya.
Penulis menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak untuk proses perbaikan tugas di lain waktu.
Akhir kata penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan tugas ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.



Depok, 28 November 2014


Penulis










BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
PT. Radio Fajar Imani atau biasa dikenal dengan Fajri FM merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyiaran radio swasta yang beralamat di Jl. Raya Cimanglid, No. 61 Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Programnya yang sering menampilkan selingan shalawat dan ayat al-qur’an yang merdu membuat penulis tertarik untuk mencari tahu lebih dalam mengenai radio dakwah ini. Selain itu, alamatnya pula yang kebetulan terletak tidak terlalu jauh dari rumah membuat penulis semakin mudah untuk mencari tahu dan mempermudah penyelesaian tugas observasi. Demikianlah itu yang menjadi sebab penulis memilih melakukan observasi ke tempat ini.




BAB II
PEMBAHASAN
A.     Sejarah dan Perkembangan Radio Fajri FM
Description: http://radio.fajrifm.com/audio/foto/kantor/1.jpg
PT. Radio Fajar Imani adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyiaran lembaga penyiaran radio swasta yang beralamat di Jl. Raya Cimanglid, No. 61 Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Atau  lebih dikenal dengan sebutan nama di udara FAJRI FM   dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat tentang pentingnya dakwah dan informasi Islam yang menyeluruh sesuai dengan pemahaman Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam dan para Sahabatnya Radliyallohu ‘anhum. Dan diharapkan dengan adanya radio FAJRI FM ini dakwah Islam akan mudah tersebar  di  wilayah  Bogor  dan  sekitarnya.
Radio Fajri FM telah berdiri sejak tahun 2000 di bawah naungan Yayasan Islam al-Huda Bogor  Indonesia dengan nama radio Al-Iman di frekwensi AM dengan program siaran yang masih sederhana dan peralatan siaran yang juga sangat sederhana. Namun tantangan dakwah semakin kompleks, sehingga pihak Yayasan menginginkan adanya peningkatan kualitas siaran. Sehingga  di  tahun  2004  radio  ini  berganti  nama menjadi  RIAS  AM,  tentu  bukan  sekedar berganti nama, namun radio  ini pun mengalami banyak perubahan, baik dari sisi acara yang sudah  semakin menarik  dan  peralatan  yang  semakin  baik.  Semakin  lama  ternyata  banyak masyarakat  yang  menyukai  radio  ini,  sehingga  pihak  management  terpanggil  untuk meningkatkan kualitas siaran, agar pendengar semakin nyaman dalam mendengarkan, maka pada tahun 2006 radio  ini mengalami perubahan  frekwensi dari AM ke FM. Alhamdulillah, setelah beralih menjadi RIAS FM, pendengar semakin banyak dan radio ini pun terus berkembang. Di tahun 2007 radio RIAS FM kembali mengalami perubahan nama menjadi Fajri FM 91.4.
Seiring dengan padatnya kanal  frekwensi dan  sulitnya menjangkau wilayah yang lebih jauh, maka di tahun 2011 hingga saat ini ditetapkanlah frekwensi radio Fajri FM  adalah  99.3  Mhz  berdasarkan  IPP  (Izin  Penyelenggaraan  Penyiaran)  Tetap,  No.236/ EP/M.KOMINFO/04/2012. Dan saat ini radio Fajri FM sudah memiliki cabang resmi di Bandung, yakni di frekwensi 1458 AM.
B.     Profil Radio Fajri FM
Radio Fajri FM memiliki mesin RVR 5000 Watt dan tinggi tower sepanjang 52 m, berdiri di kaki gunung salak ± 700 meter di atas permukaan laut, sehingga jangkauan siar lebih luas. Adapun kantornya terletak di Jl. Raya Cimanglid No. 61 rt/rw 05/01, Desa Sukamantri, Kec. Tamansari, Kab. Bogor. Radio Fajri FM memiliki Crew sebanyak 43 orang serta narasumber religi sebanyak 22 orang, yang kesemuanya itu terdiri dari mahasiswa lulusan s1/s2 dalam dan luar negeri. Adapun target pendengar yaitu meliputi anak-anak, remaja dan dewasa. Untuk telepon bisa menghubungi (0251) 7166362, Fax. (0251) 8486 101, On Air (0251) 8485444, SMS 0811 1110 993, dan email: fajrifm@yahoo.co.id.
1.        Visi
Visi atau cita-cita ke depan radio fajri yaitu menjadi pemimpin radio dakwah dan informasi Islam di Indonesia. Dan tentunya visi itu tidak lepas dari keinginan akan terwujudnya kualitas profesional sebagai status penyiaran, yang mampu menyiarkan dakwahnya secara lebih efektif.
2.        Misi
Adapun misi radio fajri yaitu sebagai berikut:
a.         Menyajikan pembahasan lengkap seputar  Islam
b.         Menghadirkan pemateri yang kapabel, profesional dan ilmiah Akademisi
c.         Menyajikan informasi Islam secara cepat, akurat dan  terpercaya
d.        Menyediakan sumber-sumber informasi yang amanah
3.        Tujuan
Tujuan dari radio fajri ini yaitu agar dakwah dalam membumikan manhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah ketengah-tengah masyarakat menjadi lebih maksimal dan menjangkau daerah-daerah di berbagai pelosok, sebagaimana kita ketahui, banyak saudara kita disana yang masih sangat kental dengan adat budaya nenek moyangnya, sehingga perpaduan antara agama dengan budaya pun sangat rentan terjadi, maka tugas kitalah untuk memurnikan syariat Islam yang sesuai dengan al-Quran dan sunnah Nabi-Nya.
4.        Legalitas
PT. Radio Fajar Imani didirikan melalui akta notaris Nadilah Sungkar, S.H. No. 01 tangal 20 Juli 2006 yang telah mendapat legalitas dan diakui sebagai lembaga siaran swasta yang professional sebagaimana kelengkapan administrasi perizinan berikut ini :
a.         IPP (Izin Perinsip Penyelenggaraan) Penyiaran, No. 67/KEP/M.KOMINFO/03/2011
b.        IPP (Izin Penyelenggaraan Penyiaran) Tetap, No. 236/KEP/M.KOMINFO/04/2012
c.         ISR (Izin Stasiun Radio) , No. 01473026-000SU/2020112012
C.     Program Acara Radio Fajri FM
Program radio fajri meliputi dua jenis  yaitu program on air dan program off air. Berikut ini akan dipaparkan sedikit mengenai program-program tersebut diantaranya yaitu:
On Air
Description: http://radio.fajrifm.com/audio/foto/kantor/5.jpg  Description: http://radio.fajrifm.com/audio/foto/kantor/6.jpg
1.      Kajian Islam Live -> Pagi : 05.30 – 06.30 | Sore : 16.00 – 17.00 | Malam : 20.00 – 21.30
Menyajikan pembahasan tema-tema keislaman secara komprehensif dengan kemasan dialog interaktif, dan menghadirkan para Ustadz (Narasumber) yang berkompeten di bidangnya.
2.      Islam al-Yaum -> Pagi : 06.45 – 07.00 | Sore : 17.15 – 17.30
Sajian informasi dunia Islam terkini, baik dalam negeri maupun manca negara dari sumber-sumber yang Insya Alloh amanah dan terpercaya.
3.      Tilawah al-Qur’an
Pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an secara tartil dan tajwid disertai dengan terjemah dan kandungan maknanya. 
4.      Kisah-kisah Islami
Pembacaan kisah-kisah nyata yang inspiratif dan menggugah, baik dari kisah Rosululloh, para Sahabat Rosul shalallahu ‘alaihi wa sallam, maupun kisah pertaubatan ahli maksiat dan kisah para muallaf (orang yang baru masuk Islam).
5.      Renungan Malam
Renungan instrospeksi diri atas berbagai hal yang telah diperbuat untuk menggapai perbaikan diri dan menapaki jalan hidayah.
Off Air
Adapun program off air nya yaitu meliputi:
1.         Seminar Keislaman Bersama Tokoh Nasional
2.         Bazzar Aneka Produk Islami
3.         Pelatihan Thibbun Nabawi (Pengobatan Cara Nabi )
4.         Temu Pendengar FAJRI
5.         Acara Ifthor Jama’i (Buka Puasa Bersama Pendengar) di Bulan Romadhon
Description: http://radio.fajrifm.com/audio/foto/tabligh-akbar/TA1.jpg
6.         Pembentukan Forum Pendengar FAJRI
7.         Pesantren Kilat dan Pelatihan Broadcasting Pelajar
Description: http://radio.fajrifm.com/audio/foto/sanlat/5.jpg
Acara Unggulan
Selain itu radio Fajri juga memiliki acara unggulan yaitu sebagai berikut:
1.        Tanya jawab SMS (Solusi Masalah Sehari-hari)
Acara ini memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan seputar keislaman yang dikirimkan pendengar melalui sms. Adapun waktu dan narasumbernya yaitu:
a.         09.00 - 10.00                               :  Jum’at dan Sabtu
Narasumber                                 :  Ust. Arifin S.H.I
                                                                   Ust. Ibrahim Bafadhol, Lc., M.Pd.I
b.         05.30 – 06.30 dan 20.00 – 21.00:  Sabtu dan Minggu
Narasumber                                 :  Ust. Muhammad Haidrail Iltizam Fatih S. Pd.I
                                                                   Ust. Abu Azzam Hawari., Lc., M.E.I.
                                                                   Ust. Fitri Fitriyanto, Lc.
                                                                  Ust. IrFan B Nurdin, S.Th.I.
                                                                  Ust. Umar Muhsin, Lc., M.Pd.I.

2.        Dialog
Acara ini diadakan dengan cara berdialog dengan ustadz untuk menjelaskan syubhat-syubhat tentang hal yang telah jelas keharamannya. Adapun waktu dan narasumbernya yaitu:
19.30 – 19.50                                     :  Sabtu
Narasumber                                       :  Ust. Ibrahim BaFadhol, Lc., M.Pd.I.
                                                              Ust. Rahendra Maya, S.Th.I., M.Pd.I.
3.        Kisah penggugah
Pada acara ini pendengar akan diceritakan tentang kisah-kisah Islami yang nyata dan menggugah jiwa untuk diambil pelajaran dalam realita atau kehidupan sehari-hari. Adapun waktunya yaitu:
a.       20.40 – 21.00                               :  Selasa dan Kamis
4.        Jendela akhirat
Pada acara ini akan diberikan pemaparan mengenai hari akhir yang akan terjadi dan akan dialami manusia. Adapun waktunya yaitu:
a.       21.00 – 21.20                               :  Senin, Rabu, Jum’at dan Minggu.
5.        Targhib dan Tarhib
Dalam acara ini pendengar akan diberikan ceramah ringkas tentang motivasi ibadah dan kebaikan, serta peringatan dari maksiat dan hal yang melalaikan. Adapun waktu dan narasumbernya yaitu:
a.       12.30 – 12.40                              :  Setiap hari
b.      Narasumber                                :  Ust. Fitri Priyanto, Lc.
D.        Presentase Pendengar dan Acara Radio Fajri FM
Presentase pendengar dan acara-acara radio fajri diantaranya sebagai berikut:[1]
Description: persentase pendegar dan acara








BAB III
Radio Fajar Imani (Radio Fajri) 99.3 FM
sebagai Media Dakwah Islam
A.     Analisis Konstruksi Program Dakwah Radio Fajri
Dakwah yang dilakukan radio ini merupakan bagian dari satu keseluruhan arus dunia yang kini sedang berupaya menonjolkan identitas lokal, agama, dan budaya. Seiring dengan motonya “suara kebangkitan Islam”, maka sebagian besar program radio ini disusun dengan berbagai pendekatan keislaman baik itu program on air maupun off air.
Satu hal penting yang merupakan ciri dari program radio fajri yaitu adanya program kegiatan off air seperti memberikan pelatihan Thibbun Nabawi (pengobatan cara Nabi), pelatihan broadcasting pelajar, pesantren kilat, seminar keisalaman, dan bazar yang kesemuanya ini tidak sering atau jarang ditemukan di tempat radio-radio lainnya.
Ciri khas lainnya yaitu semua pengurusnya berlatar belakang sarjana, dalam arti insya allah tidak diragukan lagi keilmuannya. Sehingga program dan pembahasannya pun pasti berbeda dengan radio lainnya yang tidak terlalu mementingkan basic pengurusnya.
B.         Analisis Pendengar Dakwah Radio Fajri
Jangkauan radio bisa dijangkau mulai dari wilayah bogor, depok, bekasi dan sekitarnya. Yang angka pemeluk Islam di wilayah-wilayah ini cukup besar, lebih dari 90 persen. Besarnya angka ini merupakan sebuah potensi bagi dakwah Islam. Oleh karena inilah setiap program yang disusun Radio fajri diatas seluruhnya bernuansa islami.
Dari gambar persentase yang telah disediakan sebelumnya, telah dapat diketahui bahwa mayoritas pendengar radio fajri yaitu kalangan ibu-ibu atau bapak-bapak dari usia 30-50 tahun sebanyak 40 persen. Menurut penulis hal ini disebabkan karena program yang disajikan di radio ini benar-benar full islami dan kesadaran akan keislaman itu sendiri memang lebih banyak dirasakan oleh para orang tua, serta kurang menarik untuk kalangan remaja apalagi anak kecil. Urutan kedua setelah itu umumnya yaitu anak dewasa, mereka ini yang berusia sekitar 16-30 tahun sebanyak 30 persen. Diusia ini biasanya mereka mulai berfikir dewasa artinya mereka mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga kesadaran tentang keislaman mulai meningkat. Dan sisanya yaitu meliputi lansia, remaja dan anak kecil sebesar 10 persen. Intinya menurut penulis perbedaan persentase pendengar ini tergantung bagaimana keluarga dan lingkungan di sekitarnya.
C.         Analisis Media Siaran Radio Fajri
Perluasan jaringan siaran merupakan satu program yang direncanakan dalam jangka panjang. Sebab, sebagai sebuah media komunikasi yang bergantung pada gelombang di udara, maka seberapa jauh dan seberapa banyak orang yang mendengarkan radio tersebut bergantung pada luasnya jaringan siarannya.
Perluasan jaringan siaran tentunya perlu didukung dengan peningkatan kualitas siaran. Hal ini sangat disadari oleh tim manajemen Radio fajri. Oleh karena itu, program siaran radio fajri dirancang sedemikian rupa sehingga benar-benar mengarah kepada dakwah Islam yang syar’i dan  program dapat pula dikembangkan dengan kemasan yang lebih menarik lagi.
Sejauh ini, upaya-upaya ke arah perluasan jangkauan siaran radio fajri telah dilakukan. Bahkan menurut hasil wawancara dengan pihak manajemen, radio fajri ini memiliki rencana untuk membuat cabang-cabang radio lain hingga seluruh Indonesia.
D.        Analisis Motto Radio Fajri
Radio  FAJRI  FM  dengan  mottonya “Suara Kebangkitan Islam”  mencoba menyajikan informasi dan kajian-kajian keagamaan yang  bersumber  pada  dalil-dalil  yang  benar  dan  shohih, mencerdaskan  dan memahamkan ummat    sehingga  kehidupan  yang mereka  jalani  berada  pada  jalan  yang  lurus, moral  dan spiritual yang baik. Serta memberikan  informasi-informasi edukatif kepada masyarakat  luas. Dengan eksistensi radio dakwah Islam FAJRI FM yang mempunyai warna dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh radio-radio lain yaitu siarannya full time dakwah Islam, Insya Allah FAJRI FM dapat menjadi salah satu pilar kebangkitan ummat sebagaimana mottonya dan menjadi masyarakat agamis yang dewasa  ini semakin terjadi kemerosotan moral dan spiritual.








BAB IV
PENUTUP
A.     Kesimpulan

Perbedaan yang khas radio fajri dengan radio lainnya yaitu terletak pada program kegiatan off air nya seperti memberikan pelatihan Thibbun Nabawi (pengobatan cara Nabi), pelatihan broadcasting pelajar, pesantren kilat, seminar keisalaman, dan bazar yang kesemuanya ini tidak sering atau jarang ditemukan di tempat radio-radio lainnya. Ciri khas lainnya yaitu semua pengurusnya berlatar belakang sarjana, dalam arti insya allah tidak diragukan lagi keilmuannya. Sehingga program dan pembahasannya pun pasti berbeda dengan radio lainnya yang tidak terlalu mementingkan basic pengurusnya.
Adapun mengenai pendengarnya yaitu mayoritas adalah kalangan ibu-ibu atau bapak-bapak dari usia 30-50 tahun sebanyak 40 persen. Urutan kedua setelah itu umumnya yaitu anak dewasa, mereka ini yang berusia sekitar 16-30 tahun sebanyak 30 persen. Dan sisanya meliputi lansia, remaja dan anak kecil sebesar 10 persen. Intinya perbedaan persentase pendengar ini dapat disebabkan karena pengaruh keluarga dan lingkungan disekitarnya.
Selain itu untuk perluasan jaringan, siaran radio fajri sudah memiliki rencana untuk membuat cabang-cabang radio lain hingga seluruh Indonesia. Kemudian dengan eksistensi radio dakwah Islam FAJRI FM yang mempunyai warna dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh radio-radio lain yaitu siarannya full time dakwah Islam, Insya Allah FAJRI FM dapat menjadi salah satu pilar kebangkitan ummat sebagaimana mottonya dan menjadi masyarakat agamis yang dewasa  ini semakin terjadi kemerosotan moral dan spiritual.




[1] Data diperoleh dari pihak Manajemen Radio fajri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar