Proposal Kegiatan Usaha
Bimbingan
Belajar
“AL-KHOIRIYAH”
Jln. Raya Citayam Parung, Komp. Pertanian Atsiri Permai
Kab. Bogor
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Dengan
semakin meningkatnya pendapatan masyarakat maka semakin meningkat pula
kebutuhan mereka. Di era globalisasi ini manusia dituntut memiliki sumber daya
yang berkualitas agar bisa bersaing dengan manusia lainnya sehingga dapat
bertahan hidup dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Dalam hal ini
kebutuhan hidup manusia yaitu, meliputi pangan, sandang, dan papan serta
kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat pula terutama di negara berkembang.
Salah satunya di Indonesia, pemenuhan kebutuhan pendidikan sangat dibutuhkan
untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pendidikan sangat berperan
penting untuk mengurangi kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa didik,
serta membentuk perilaku yang baik di masyarakat.
Ada
dua jenis pendidikan yang dikenal di Indonesia, yaitu pendidikan formal (TK,
SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi/Universitas) dan pendidikan non formal (seperti
kursus komputer, les Bahasa Inggris, maupun kegiatan beladiri). Pendidikan
formal sudah jelas tujuannya untuk mendapatkan gelar kelulusan. Tetapi,
Masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif selain pendidikan reguler
seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Sekolah dan pendidikan
formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan bagi masa depan. Untuk
itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk
lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan
memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah.
Mengenai
permasalahan di atas, maka kami tertarik untuk melakukan studi kelayakan usaha
dalam bidang jasa pendidikan. Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk
anak didik kami dengan biaya yang terjangkau untuk semua kalangan. Atau dengan
kata lain, lembaga ini dapat memenuhi kebutuhan pendidikan setiap peserta didik
tanpa menitik beratkan biaya yang menjadi beban para orangtua peserta didik.
2.
Tujuan
a. Tujuan umum:
- Ikut mencerdaskan
kehidupan bangsa
- Ikut mempersiapkan
generasi yang cerdas dan mampu menjawab tuntutan jaman
- Ikut meningkatkan Sumber
Daya Manusia di Indonesia
- Mewujudkan sarana dan
fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang
aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan
yang berkualitas.
aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan
yang berkualitas.
b. Tujuan khusus:
- Memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat
- Memberikan Alternatif pendidikan kepada masyarakat
3.
Usaha yang Akan Dikembangkan
Dalam penulisan studi kelayakan
usaha ini, kami bertujuan merealisasikan dan mengembangkan usaha yang akan kami
jalankan. Adapun bentuk usaha yang akan kami jalankan adalah berupa perusahaan
jasa yang bergerak di bidang lembaga bimbingan belajar (kursus) Bahasa Inggris dan komputer dengan nama “Al-Khoiriyah”. Untuk kursus komputer program dibagi dalam beberapa paket sesuai
kebutuhan masyarakat saat ini terhadap dunia komputerisasi. Begitu pula dengan bahasa Inggris program
disediakan mulai dari usia dini sampai usia
dewasa yang
di bagi dalam level sesuai tingkatan.
4.
Penyelenggara
Lembaga ini didirikan dan diselenggarakan oleh 5
orang individu yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan yang
berkualitas, mereka adalah Siti Khoeriyah, S.Kom.I, Fitriyah, S.pd., Riski Amelia
Fitriani, SE., Nurissalamahtulluthfiah, S.Kom.I, dan Siti Nurbaiti Dzakiah,
S.pd.
Siti Khoeriyah
Sebagai
Pimpinan (Penanggung Jawab)
Fitriyah
Sebagai
Administrator
Riski Amelia Fitriani Nurissalamahtullthfiah Siti Nurbaiti Dzakiah
Sebagai sebagai sebagai
Tutor B. Inggris SMP-SMA Tutor B. Inggris TK-SD Tutor Komputer
5. Tempat Penyelenggaraan
Lembaga
ini menyelenggarakan pendidikan di Jalan Raya Citayam Parung, Komp. Pertanian
Atsiri Permai Kab. Bogor, Nomor
Telepon 021-4215385.
6. Sasaran
Program-program dalam bimbingan belajar ini
sengaja dibuka untuk anak TK, SD, SMP, SMA atau anak – anak yang ingin memiliki
kemampuan bahasa Inggris ataupun keahlian di bidang komputer dengan cepat dan
mudah. Baik bagi pemula maupun yang sudah pernah kursus. Dengan metode
pengajaran yang begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan
disampaikan oleh staff pengajar yang berkualitas diharapkan siswa didik mampu
menerima materi dengan baik.
7.
Analisis Pesaing
a. Pesaing
Adanya lembaga-lembaga bimbel ternama atau
yang terlahir lebih dahulu seperti lembaga PEC di daerah Citayam tidak membuat kami pesimis karena
faktanya lembaga bimbel seperti ini masih banyak diminati, dan
kebetulan pula di tempat ini tidak atau belum ada lembaga bimbel lainnya.
Sekalipun ada lembaga bimbel lainnya seperti PEC itu jauh.
b. Resiko atau hambatan
Resiko yang dipertimbangkan dalam memulai dan
mengembangkan usaha ini adalah :
-
Harus mampu bersaing dengan lembaga bimbel
lainnya
Hambatan ini dapat diminimalisir dengan cara
melakukan suatu inovasi yang berbeda dari lembaga lainnya, baik itu dari segi
pelayanannya, harga, tempat atau yang lainnya.
BAB II
DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
A.Aspek
Pemasaran
Dalam bagian ini kami paparkan beberapa
program yang kami tawarkan dalam bimbingan bahasa Inggris dan kursus komputer
yang akan kami realisasikan dan kembangkan. Program-program
dalam bimbingan belajar ini sengaja dibuka untuk anak TK, SD, SMP, SMA atau anak
– anak yang ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris ataupun keahlian di bidang
komputer dengan cepat dan mudah. Dengan metode pengajaran yang
begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan dalam bentuk
percakapan atau diperagakan dengan gambar- gambar dan alat peraga, dengan
permainan, cerita – cerita lucu, dengan lagu – lagu dan teka – teki.
Maka
belajar bahasa Inggris di Al-Khoiriyah
ini
akan terasa mudah dan menyenangkan. Karena dibimbing oleh instruktur –
instruktur muda yang berpengalaman, dengan penuh keakraban dan penuh semangat.
Peserta didik akan merasa nyaman dan bebas
untuk berlatih, sehingga
siswa tidak akan takut atau sungkan karena suasananya yang sangat akrab dan menyenangkan.
Adapun
program yang ditujukan kepada pelajar tingkat TK sampai SMA adalah sebagai
berikut :
Tabel 1. Biaya Kursus bahasa
inggris
No.
|
Level
|
Biaya
|
1.
|
Pre Basic I (TK, SD)
|
Rp 25.000,-
|
2.
|
Pre Basic II (TK, SD)
|
Rp 25.000,-
|
3.
|
Pre Basic III (SD)
|
Rp 30.000,-
|
4.
|
Beginner (SD, SMP)
|
Rp 30.000,-
|
5.
|
Basic I (SD, SMP)
|
Rp 30.000,-
|
6.
|
Basic II (SD, SMP)
|
Rp 30.000,-
|
7.
|
Basic III (SMP, SMA)
|
Rp 30.000,-
|
8.
|
Pre Intermediate (SMP, SMA)
|
Rp 40.000,-
|
9.
|
Intermediate I (SMP, SMA)
|
Rp 45.000,-
|
10.
|
Intermediate II (SMP, SMA)
|
Rp 50.000,-
|
11.
|
Intermediate III (SMP, SMA)
|
Rp 55.000,-
|
12.
|
Advance I (SMP, SMA)
|
Rp 60.000,-
|
13.
|
Advance II (SMP, SMA)
|
Rp 65.000,-
|
14.
|
Advance III (SMP; SMA)
|
Rp 65.000,-
|
Tabel 1.2 Biaya kursus
computer
No
|
Jenis
|
Biaya
|
1
|
Aplikasi Perkantoran
|
Rp. 70.000
|
2
|
Bahasa Pemrograman
|
Rp. 70.000
|
3
|
Aplikasi Grafis
|
Rp. 70.000
|
4
|
Software Database
|
Rp. 70.000
|
5
|
Komputer Akuntansi
|
Rp. 70.000
|
Tabel 2. Waktu Kursus
No
|
Kelas
|
Waktu
|
1
|
Pagi
|
08.00 – 09.00
09.30 – 11.00
|
2
|
Siang
|
13.30 – 15.00
15.00 – 16.30
|
3
|
Sore
|
16.30 – 18.00
|
Semua
pertemuan dilakukan secara reguler dua kali dalam seminggu dengan durasi 90
menit/ pertemuan.
B. Aspek
yuridis
Aspek yuridis berguna sebagai bukti bahwa usaha yang kita
jalankan memiliki dasar hukum yang jelas. Sehingga
usaha yang kita jalankan dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai
instansi karena legal keberadaannya. Untuk tahap pertama kami membuat ijin
dengan melapor kepada ketua RT setempat untuk mengurus Surat Ijin
Gangguan Lingkungan. Setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan
pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa
notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP.
C. Aspek
Organisasi dan Manajemen
Bimbel
al-Khoiriyah ini berangkat dari sebuah lembaga yang berdiri karena kemitraan,
sehingga jumlah personil masih terbatas dan bahkan hasil rekruting dari
lingkungan mitra kuliah (teman di perkuliahan). Tetapi nantinya sejalan dengan
perkembangan perusahaan , maka harus ada perubahan baik system rekruting,
jumlah personal dan stratifikasi serta kualifikasi tenaga yang dibutuhkan.
Dalam pengertian ini, rekruting pekerja bertolak dari ukuran kualitas sumber
daya manusia, dan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang ada di perusahaan.
Kini tenaga kerja di tempat kami masih berjumlah lima orang, meliputi satu pimpinan (penanggung jawab), tiga tutor, dan satu administrator. Walaupun dengan personil yang
terbatas, namun kami dapat mengatasi kekurangan dengan menerapkan all in one job
desk. Dalam pengertian setiap orang yang menempati posisi tertentu memiliki
beberapa job desk yang bahkan tidak berkaitan dengan posisinya.
Karena dalam usaha ini, yang kami harapkan adalah kualitas bukan
kuantitas, jadi dengan keterbatasan personil kami dapat meminimalisir
cotibusion margin perusahaan. Walaupun terbatas, namun kami memiliki SDM yang
berkualitas. Hanya dengan SDM yang berkualitas, perusahaan akan mampu
menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan untuk menjalankan tugasnya. Di
samping itu, kami senantiasa berusaha untuk menetapkan pola strategi pemasaran
yang dapat memenuhi kepuasan konsumen (costumer satisfaction). Untuk memenuhi
SDM yang sesuai dengan tuntutan manajemen, kami menerapkan disiplin yang
tinggi, sehingga dapat menangani pekerjaannya dengan efisien, mampu
mengendalikan mutu dan meminimalisir resiko.
Walaupun bimbel ini
berangkat dari usaha kemitraan, tetapi dalam pengelolaannya kami memberlakukan
kaidah – kaidah manajemen modern. Berangkat dari system organisasi yang
tergolong sederhana, kami membuat bangun organisasi dan tata kerja yang mampu
menampung seluruh kegiatan perusahaan. Sehingga jalur komando, jalur
koordinasi, tugas dan tanggung jawab tidak birokratis atau berbelit – belit
namun jelas, terarah serta dapat dipertanggunngjawabkan.
D. Aspek Teknik Pelayanan
Pada awal berdiri dan usaha sendiri kami bermodalkan ruko (rumah
dan toko) yang dimiliki oleh salah satu dari kami. Pemanfaatan ruko tersebut
sebagai lokasi kursus bisa dibilang sangat strategis, karena terletak di Jalan Raya Citayam Parung, Komp.
Pertanian Atsiri Permai Kab. Bogor. Dimana di sekitar lokasi terdapat
beberapa sekolah, mulai dari TK sampai
dengan SMP. Dan tepatnya bimbel ini berada di depan komplek perumahan
yang kemungkinan besar peluangnya untuk mendaftar karena penduduknya hampir
seluruhnya adalah orang mampu yang pastinya selalu mengedepankan pendidikan. Dengan
kapasitas ruko yang memiliki tiga ruangan yang dimanfaatkan sebagai kelas, tiap
kelas dapat menampung 25 siswa, maka keseluruhan dapat menampung 75 siswa.
Dengan fasilitas yang standart diharapkan dapat meminimalisir cost dalam
variable cost. Karena dalam usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang
mewah, tetapi kami menyediakan pengajaran bahasa Inggris yang berkualitas dan komputer yang handal.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan kursus ini akan lebih mendekatkan
costumer satisfaction guna menjaga keloyalitasan costumernya. Ada beberapa hal
yang menjadi key to success kami dalam menjaga keloyalitasan costumer, yaitu
meliputi:
1.
Tangibles
Artinya fasilitas fisik yang ditawarkan
kepada konsumen. Dengan menempati ruko bangunan baru, suasana belajar akan
terasa nyaman dan kondusif.
2.
Reliability
Artinya konsisten dalam penampilan pelayanan dan
keandalan pelayanan. Dalam membimbing pelajar, kami tidak hanya memberikan
materi baku yang hanya terdapat di kursus ini, namun kami selalu membimbing
mereka untuk menyelesaikan permasalahan mata pelajaran bahasa Inggris dan
komputer di sekolah mereka. Seperti pembahasan PR yang diberikan
guru sekolah, pembahasan soal – soal menjelang ujian sekolah.
3.
Responsiveness
Artinya kesigapan dan kecepatan penyedia
jasa dalam menyelesaikan masalah. Dengan
melakukan rapat rutin seminggu sekali, diharapkan tercipta rentang koordinasi
yang solid. Sehingga jika suatu saat kursus kita memiliki permasalahan, maka
dengan cepat masalah tersebut dapat terdeteksi dan dengan cepat dicari
pemecahannya.
4.
Assurance
Artinya kemampuan dan ketrampilan petugas,
keramahan, kepercayaan dan keamanan. Dengan memiliki nama yang baik “al-Khoiriyah” diharapkan bisa menjadi
do’a untuk anak didik kami, kami berani menjamin lulusan “al-Khoiriyah” mampu
berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik, akhlak yang baik dan menjadi IT yang
handal.
5.
Emphaty
Artinya mudah dimengerti., mudah dipahami,
dan pemahaman terhadap keinginan konsumen. Dengan
menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan
materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan
menerapkan penilaian pada dimensi –dimensi kualitas tersebut di atas, maka
diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:
1.
Hubungan antara perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.
2.
Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang.
3.
Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
4. Membentuk
suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
5.
Image perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
6.
Laba yang diperoleh dapat meningkat.
E. Aspek
Finansial
Jumlah biaya usaha secara keseluruhan ditaksir sebanyak Rp.
100.000.000,-
Yang diperinci dalam 5 komponen seperti diuraikan di bawah ini.
Yang diperinci dalam 5 komponen seperti diuraikan di bawah ini.
1. Biaya renovasi dan persiapan tempat
kursus
Rp. 25.000.000
2. Biaya pekerjaan sipil Rp. 10.000.000
3. Perabotan dan peralatan belajar
mengajar
Rp. 15.000.000
4. Perlengkapan administrasi Rp. 6.000.000
5. Biaya
pra-operasi Rp. 9.000.000
6. Continguensi Rp. 10.000.000
7. Modal kerja
permanent
Rp. 25.000.000
8.Peralatan komputer Rp.30.000.000
Jumlah biaya
usaha
Rp. 130.000.000
Karena
usaha ini didasari atas kemitraan, maka semua biaya diatas adalah hasil
pengumpulan dana pribadi dari kami.
Perkiraan Pendapatan Usaha
Dalam
perhitungan perkiraan pendapatan usaha, kami hanya memperkirakan hitungan kasar
saja. Sebab kami tidak dapat memprediksi secara akurat pangsa pasar yang dapat
kita serap, namun tingkat kepercayaan untuk hitungan ini mencapai 90%. Dalam
teori research methodology tingkat kepercayaan mencapai 90% sudah dibilang
cukup.
Biaya Bulanan Kursus Bahasa Inggris :
1. Level Pre Basic I (TK,
SD)
= Rp. 25.000
2. Level Pre Basic II (TK, SD) = Rp. 25.000
3. Level Pre Basic III (SD) = Rp. 30.000
4. Level Beginner (SD, SMP) = Rp. 30.000
5. Level Basic I (SD, SMP) = Rp. 30.000
6. Level Basic II (SD, SMP) = Rp. 30.000
7. Level Basic III (SMP, SMA) = Rp. 30.000
8. Level Pre Intermediate (SMP, SMA) = Rp. 40.000
9. Level Intermediate I (SMP, SMA) = Rp. 45.000
10. Level Internediate II (SMP, SMA) = Rp. 50.000
11. Level Intermediate III (SMP, SMA) = Rp. 55.000
12. Level Advance I (SMP, SMA) = Rp. 60.000
13. Level Advance II (SMP, SMA) = Rp. 65.000
14. Level Advance III (SMP, SMA) = Rp. 65.000
Jumlah = Rp. 580.000
2. Level Pre Basic II (TK, SD) = Rp. 25.000
3. Level Pre Basic III (SD) = Rp. 30.000
4. Level Beginner (SD, SMP) = Rp. 30.000
5. Level Basic I (SD, SMP) = Rp. 30.000
6. Level Basic II (SD, SMP) = Rp. 30.000
7. Level Basic III (SMP, SMA) = Rp. 30.000
8. Level Pre Intermediate (SMP, SMA) = Rp. 40.000
9. Level Intermediate I (SMP, SMA) = Rp. 45.000
10. Level Internediate II (SMP, SMA) = Rp. 50.000
11. Level Intermediate III (SMP, SMA) = Rp. 55.000
12. Level Advance I (SMP, SMA) = Rp. 60.000
13. Level Advance II (SMP, SMA) = Rp. 65.000
14. Level Advance III (SMP, SMA) = Rp. 65.000
Jumlah = Rp. 580.000
Biaya Bulanan Kursus Komputer :
Aplikasi
perkantoran = Rp. 70.000
Bahasa
Pemrograman = Rp. 70.000
Aplikasi Grafis = Rp. 70.000
Software
Database = Rp. 70.000
Komputer Akuntansi = Rp. 70.000
Jumlah
= Rp. 350.000
Jumlah
keseluruhan biaya bulanan kelas bahasa inggris dan computer yaitu
Rp. 930.000 per bulannya.
Rp. 930.000 per bulannya.
Biaya Rata – Rata per bulan
-
Untuk biaya bulanan dari kelas bahasa
inggris rata-rata adalah:
Rp. 580.000/ 14 level= Rp. 41.500, dengan daya tampung 75 siswa maka:
Rp. 41.500 x 75 = Rp. 3.112.500
Rp. 580.000/ 14 level= Rp. 41.500, dengan daya tampung 75 siswa maka:
Rp. 41.500 x 75 = Rp. 3.112.500
-
Untuk biaya bulanan dari kelas computer
rata – rata adalah:
Rp. 350.000/ 5 = Rp. 70.000, dengan daya tampung 60 siswa maka :
Rp. 350.000/ 5 = Rp. 70.000, dengan daya tampung 60 siswa maka :
Rp. 70.000 x 60 = Rp. 4.200.000
Total pemasukan per bulan adalah
Rp. 7.312.500
-
Taksiran
pengeluaran rutin (fix cost)/ bulan
1.
Rekening listrik, telepon, air Rp. 1.600.000
2.
Penyusutan peralatan kantor Rp. 1.000.000
3.
Iuran keamanan Rp. 100.000
4. Biaya tak terduga Rp. 300.000
Total
fix cost/ bulan Rp. 3.000.000
Taksiran Laba kotor
Laba kotor = Total pemasukan – Total fix cost
= Rp. 7.312.500 –
Rp. 3.000.000
= Rp. 4.312.500
Taksiran Pay Back Period
Dengan total biaya usaha sebesar Rp. 130.000.000 dan laba kotor per
bulan Rp.
4.312.500 maka akan diperoleh pay back period selama: Rp.
130.000.000= 28, 76 bulan atau ± 29 bulan.
F. Aspek Sosial
Dengan
didirikannya lembaga kursus ini, kami juga berharap bisa membantu perekonomian
penduduk di sekitar lokasi lembaga. Mereka dapat membuka warung makanan, alat
tulis, fotocopy dan sebagainya.
BAB III
KESIMPULAN
Dalam bab ini akan kami utarakan kesimpulan dari
permasalahan studi kelayakan yang kami lakukan yaitu:
1.
Model usaha kursus yang kami jalankan adalah bimbingan
belajar bahasa Inggris dan komputer yang memiliki positioning sebagai special
for conversation, karena tujuan utama seseorang belajar bahasa Inggris adalah
agar dapat berkomunukasi dengan baik. Serta bimbingan komputer yang kompeten
diharapkan anak didik bisa menjadi IT yang handal. Untuk
itu, proses pembelajaran kami lebih condong pada praktek bukan teoritis.
2.
Manfaat yang diperoleh masyarakat
sekitar adalah dapat meningkatkan prestasi belajar putra – putrinya. Selain
itu, masyarakat sekitar dapat mengusahakan berbagai usaha seperti kios makanan,
kios alat tulis, foto copy, rental computer dan lain – lain.
3.
Kebijakan pemerintah yang melarang
sekolah negeri untuk menyelenggarakan pelajaran tambahan dengan memungut biaya,
maka bimbingan kursus sebagai alternative guna menunjang prestasi siswa.
Jadi, berdasarkan hasil studi kelayakan yang kami bahas
di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha yang akan kami lakukan memiliki
kelayakan untuk direalisasikan sebesar 90%. Hal tersebut merujuk pada berbagai
aspek yang kami tinjau untuk mengetahui usaha yang akan kami lakukan feasible
atau tidak. Secara keseluruhan usaha kursus bahasa Inggris dan komputer ini memiliki prospek yang cerah untuk
dilakukan. Karena didukung oleh kebijakan pemerintah yang melarang sekolah
negeri untuk menyelenggarakan kursus atau pelajaran tambahan yang memungut
biaya dari siswanya. Maka dari itu, siswa memilih lembaga kursus sebagai
pendidikan non-formal guna menunjang prestasi belajarnya.
Disamping itu, era globalisasi yang
menjadi tren baru dalam dunia ekonomi mengharuskan seseorang untuk mampu berkomunikasi menggunakan bahasa
internasional yaitu bahasa Inggris dan
penggunaan teknologi yang terus berkembang seperti komputer.
Karena apabila seseorang tidak memiliki kemampuan berkomukasi dengan bahasa
Inggris dan gaptek
(gagap teknologi) dengan komputer, maka akan mengalami kesulitan
dalam menghadapi persaingan dunia kerja.
BAB IV
PENUTUP
Dengan adanya
lembaga kursus ini, kami mengharapkan masyarakat Indonesia khususnya dapat
lebih memahami dan mengerti betapa
pentingnya mempelajari bahasa Inggris dan komputer untuk zaman sekarang ini. Kami berharap dalam kurun waktu satu tahun
pertama lembaga ini sudah di kenal masyarakat Depok, Bogor dan sekitarnya.
Selain itu, besar harapan kami untuk membuka cabang-cabang
bimbel “al-Khoiriyah” lainnya di tahun-tahun berikutnya.
Proposal itu ditujukan untuk kerjasama sekolah atau perusahaan untuk mndapatkn bantuan dana? Trm ksh sblmnya..
BalasHapusProposal itu ditujukan untuk kerjasama sekolah atau perusahaan untuk mndapatkn bantuan dana? Trm ksh sblmnya..
BalasHapusmakasih om
BalasHapusmakasih share nya,,
BalasHapusTerima kasih.
BalasHapusSemoga mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat ganda, Aamiin.
Apakah kegiatan ini pernah menuai kritik Dari pihak pihak tertentu?
BalasHapus